by

Mantan Jenderal Polisi Ingatkan: Polri Wajib Netral, Jika Memihak Pemilu Bisa Gagal Total

-NASIONAL-323 views

Rakyat pertanyakan netralitas Polri dalam Pemilu 2019 karena fenomena actual di lapangan mengindikasikan fakta-fakta  bahwa Polri tidak netral, memihak ke 01/ petahana. 

Terkait hal itu redaksi minta tanggapan via telpon kepada  Dewan Pakar UCMI yang juga senior Polri Anton Tabah 

“Ya. Polri dalam pemilu wajib netral krn Polri pengaman pengawas pemberi ijin berkampanye dsb. Kalo tidak netral berbahaya bisa gagalkan pemilu. Ini tidak main-main,” tegasnya, Sabtu (30/3/19)

Jika Polri memihak pada salah satu kontestan, hal ini jelas melanggar UU 2/2002 Tentang  Polri pasal 28. 

“Saya selaku senior Polri langsung kirim surat ke Kapolri. Alhamdulillah walaupun lambat direspon oleh Kapolri dengan telegram nomor STR/126/Iii/ops/2019 tgl 16 Maret 2019 diperkuat dengan intruksi Kapolri nomor 04/III/2019/ 26 Maret 2019,  Polri wajib netral tidak  boleh terlibat dalam kampanye pemilu/ kegiatan kontestan apapun dan manapun. Kecuali di bidang tugas Polri  selaku pamwas dan perijinan kampanye. Saya harap Polri di lapangan taati UU juga TR & instruksi tsb. Sebagai penegak hukum wajib beri contoh disiplin taati UU,“terang Anton. 

Menurut Anton, pimpinan Polri dari tingkat manapun harus tegas menindak  anak buahnya yang melanggar UU seperti yg dilakukan para  Kapolri sebelumnya mencopot Kapolwil DIY dan Kapolwil Banyumas yang  tidak netral dalam pemilu bahkan dalam sidang Etik Polri hukumannya ditambah tak boleh lagi diberi jabatan komando kewilayahan. 

Anton yang juga Pengurus MUI Pusat ini mengingatkan  anggota ASN dan pejabat pemerintahan dari lurah sampai presiden tidak boleh ikut kampanye pemilu karena UU Kepegawaian juga melarangnya.

“Karena itu soal bagaimana praktik di lapangan setelah adanya  TR dan Intruksi Kapolri tsb, diharap publik mengontrol dan mengawasi kinerja pemerintah agar tetap dikoridor hukum dan UU, “ pungkas mantan Jendral Polri .0 red

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed