Image description
Image captions

Bandara Halim Perdanakusuma sempat mengalami dampak terkena banjir, sehingga sempat ditutup dan kemudian dibuka kembali pada Selasa (1/1) sore.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Fajar Adrianto mengatakan, landasan bandara yang tergenang kembali normal dan dibuka kembali sejak pukul 15.30 WIB.

"Jadi, mulai 15.30 WIB semua penerbangan baik militer maupun sipil sudah bisa melaksanakan secara normal di bandara Halim," kata Fajar saat dikonfirmasi, Rabu (1/1).

Dia menuturkan, meluapnya air, selain karena sungai di sekitar meluap, juga disebabkan drainase di sekitar bandara tak mampu menampung air.

"Antisipasi yang jelas kita mungkin nanti akan memperbesar drainase dan juga mungkin kita harus. Jadi, bukan Bandara Halim saja tapi terkait perumahan-perumahan yang ada di luar, sungai, itu jadi memang agak kompleks ini persoalannya," ungkap Fajar.

Menurut dia, kejadian ini tak pernah terjadi sama sekali. Walaupun demikian, pihaknya sudah mempunyai pompa.

"Kalau dari Lanud Halim sendiri sudah menyiapkan pompa bila terjadi lagi seperti ini. Kemudian drainase yang agak mampet itu dibersihkan semua," pungkasnya. 0 mdk