Image description
Image captions

Penanaman pohon di lokasi revitalisasi Monas bagian selatan dikerjakan pada pagi tadi. Pohon tersebut adalah pohon baru untuk mengganti pohon besar yang ditebang.

"Tadi pagi (ditanam), pohonnya datang dari malam, saya tidak memonitor ya karena ini proyek (Dinas) Citata (Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan) hanya sesekali melihat laporan seperti apa," ucap Kasi Informasi UPT Monas Irfal Guci saat dihubungi, Senin (3/2/2020).

Menurut Irfal, pohon-pohon tersebut adalah pohon baru. Pohon itu untuk mengganti pohon lama yang ditebang saat pembangunan proyek.

"Pohon baru. (Pohon) yang dipindah (karena proyek revitalisasi) yang kecil-kecil, yang besar-besar dipotong terus gantinya itu," ucap Irfal.

Irfal belum tahu berapa banyak pohon baru yang ditanam. Irfal belum mendapat informasi dari Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan selaku penanggung jawab proyek.

"Aduh, Itu proyeknya Citata, saya tidak tahu berapa jumlahnya, saya belum terima laporan tadi yang saya lihat cukup banyak," kata Irfal.

Informasi yang diperoleh Irfal, saat ini masih masa pemberhentian sementara proyek sejak Selasa (27/1). Belum ada ketetapan izin proyek dilanjutkan.

"Memang pengerjaan fisiknya sedang dihentikan, tapi kan ada titik pinggir itu yang ditanam pohon saja, jadi bukan pengerjaan fisik yang diteruskan," kata Irfal.

Penanaman pohon-pohon itu disebut sebagai bagian dari penghijauan Monas. Irfal mengaku lokasi penanaman pohon itu merupakan lokasi yang sudah direncanakan.

"Yang besar-besar di samping-sampingnya karena juga ada penghijauan di samping," kata Irfal.

Sebelumnya, setelah beberapa hari tak ada aktivitas kerja di proyek revitalisasi Monas bagian selatan, kini terlihat beberapa pohon telah ditanam di lokasi. Saat revitalisasi diputuskan dihentikan sementara, pohon di sisi barat dan timur plaza tidak terlihat.

Sebagaimana pantauan  detikcom, pohon-pohon itu telah dipangkas di bagian atas dengan hanya menyisakan beberapa dahan dan daun. Batang pohon disokong dengan beberapa bambu menyilang agar tegak.

Pohon-pohon itu ditanam di bagian tribun di sisi barat dan timur plaza. Pada bagian tribun timur, masih beroperasi alat berat backhoe menggali tanah di lokasi penanaman pohon pada pukul 18.15 WIB.0