Image description
Image captions

Olahraga Bersama Jokowi, 3 Kepala Staf TNI Dukung Penerapan New Normal3 Kepala Staf TNI olahraga pagi bersama Presiden Jokowi. ©2020 Biro Pers Istana

 Presiden Joko Widodo olahraga bersama kepala staf TNI di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/6) pagi. Usai berolahraga pagi bersama Presiden Jokowi, para Kepala Staf TNI menyatakan kesiapannya untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru atau new normal di tengah masyarakat.

"Prajurit TNI lebih giat akan turut mendisiplinkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan sehingga tetap produktif sekaligus aman dari Covid-19," ujar Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mewakili jajaran kepala staf saat memberi keterangan pers di Istana Bogor Jawa Barat, lewat siaran pers diterima, Minggu (14/5).

Senada, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan TNI saat ini sedang pada tahap menjaga kedisiplinan masyarakat.

"Tentunya kita juga akan lebih giat lagi, terutama pasukan-pasukan yang di lapangan untuk membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan masyarakat," kata Laksamana TNI Yudo Margono.

Menyambung hal tersebut, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyatakan, kesiapan angkatan yang dipimpinnya untuk membantu sejumlah hal terkait penanganan Covid-19. Salah satunya dalam hal pengiriman peralatan kesehatan ke seluruh penjuru Indonesia.

"TNI Angkatan Udara kami tetap siap pengiriman peralatan-peralatan kesehatan ke seluruh pelosok Tanah Air yang di mana ada pangkalan udara dan bandara. Kami juga tetap melaksanakan operasi-operasi udara karena tetap harus menjaga kedaulatan wilayah negara," Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menandasi.1

Pesan Khusus Presiden Jokowi

Kepala Negara menyebut, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

"Pagi hari ini saya mengajak Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) untuk lari pagi karena kesehatan itu sekarang ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tetap sehat," ujarnya selepas joging bersama.

Jokowi bersama Jenderal TNI Andika Perkasa, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Laksamana TNI Yudo Margono mulai berolahraga sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka berjalan santai mengelilingi Kebun Raya Bogor dengan tetap mengenakan masker dan menjaga jarak aman selama kurang lebih 30 menit.

Di sela-sela olahraga, Jokowi memberikan pesan kepada para kepala staf untuk tetap membantu mendisiplinkan masyarakat agar taat menjalankan protokol kesehatan. Protokol kesehatan disebut sangat penting agar masyarakat aman meskipun melakukan aktivitas di luar rumah.

"Terus mendisiplinkan masyarakat agar taat kepada protokol kesehatan yang berkaitan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang banyak. Saya kira itu yang terus-menerus harus kita sampaikan pada masyarakat," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi sekaligus mengapresiasi komitmen dan pengabdian TNI. Dia menyebut, TNI sudah berhasil mengevakuasi masyarakat Indonesia di luar negeri saat awal pandemi.

"Ini yang tadi pagi saya sampaikan," ucapnya.

Selain itu, Andika Perkasa menjelaskan bahwa Presiden secara khusus meminta angkatan darat bisa meneladani capaian mantan Kasad Jenderal (purn) Pramono Edhie yang baru saja wafat. Presiden juga mendoakan almarhum dan mengucapkan terima kasih atas seluruh jasanya.

"Presiden secara spesifik menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhy Wibowo. Beliau benar-benar mengucapkan terima kasih atas semua jasa-jasa, juga mengucapkan harapan agar keluarga tetap kuat dan angkatan darat bisa meneladani apa yang bisa dicapai Pramono Edhy selama beliau menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," imbuh Jenderal TNI Andika Perkasa.