Image description
Image captions
Image description
Image captions

Berdasarkan putusan Polda Metro Jaya, pesta ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad dan menjadi viral di media sosial tidak terdapat pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

 

 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar, Yusri Yunus menuturkan acara tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan, karena setiap tamu undangan yang hadir telah menjalani tes usap antigen.

 

 

Mengetahui hal itu akun Twitter yang dikelola oleh Front Persaudaraan Islam bernama @Reborn_FPI, menyinggung keputusan yang dikeluarkan oleh pihak Polda Metro Jaya.

 

Dalam cuitannya itu, akun @Reborn_FPI menilai keputusan yang dikeluarkan pihak polisi berindikasi memperbolehkan kegiatan pesta, seperti yang dilakukan Raffi Ahmad dan teman-temannya.

 

"Jika Polisi menyatakan tidak ada Pelanggaran UU Karantina Kesehatan yang dilakukan Raffi Ahmad dan kawan-kawan di acara pesta ultah tersebut, artinya Polisi mempersilahkan yang lain melakukan pesta ulang tahun seperti yang dilakukan Raffi Ahmad dan kawan-kawan," tulis cuitan tersebut.

 

Tampak pula dalam cuitan akun @Reborn_FPI menautkan sebuah artikel yang memberitakan tentang kasus pesta yang dihadiri Raffi Ahmad tidak ada unsur pelanggaran prokes.

 

Selain itu, akun Twitter milik Front Persaudaraan Islam juga menyinggung bahwa hal tersebut bisa membuat Raffi Ahmad mencabut kembali permintaan maafnya kepada masyarakat.

 

"Dan Raffi Ahmad bisa tarik kembali permohonan maafnya," imbuhnya.

 

Polda Metro Jaya menyebut tidak ada pelanggaran protokol kesehatan dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad dan menjadi viral di media sosial.

 

"Unsur persangkaan di Pasal 93 (UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan) itu tidak ada, karena cuma 18 orang di situ," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus di Jakarta, Senin (18/1/2021).

 

Yusri juga menyebut acara tersebut juga sudah menerapkan protokol kesehatan karena setiap tamu undangan yang hadir sudah menjalani tes usap antigen.

 

"Sudah kita periksa semuanya, ada tes usap antigen, isinya cuma 18 orang. Itu orang-orang terdekatnya saja dalam acara tersebut," kata Yusri.

 

Dari sejumlah akun media sosial, termasuk akun Instagram @raffinagita1717, tampak Raffi Ahmad bersama teman-temannya berfoto maupun bernyanyi tanpa mengenakan masker. Foto-foto yang diambil saat pesta ulang tahun teman Raffi itu lalu menjadi viral.

 

Padahal Raffi Ahmad menjadi salah satu orang yang mendapat kesempatan untuk divaksin COVID-19 perdana di Istana Merdeka pada Rabu (13/1), bersama dengan Presiden Jokowi dan tokoh-tokoh lainnya.

 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut pihaknya sudah menegur Raffi Ahmad karena tidak menjaga penerapan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi COVID-19.

 

"Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi COVID-19 agar menaati prokes," kata Heru Budi Hartono di Jakarta.