Image description
Image captions

Istana Kepresidenan memberikan penjelasakan mengenai adanya pemindahan pengungsi gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Para pengungsi dipindahkan ke Stadion Manakara saat kunjungan Presiden Jokowi pada Selasa (19/1). 

 

 

Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono, menjelaskan hal itu karena masyarakat ingin dipindahkan ke lokasi stadion. Sebab, lokasi itu jauh lebih baik. 

 

"Di stadion kan sudah ada dapur umum, tim medis, dan tenda yang layak sehingga memudahkan membagikan bantuan," kata Heru kepada wartawan, Rabu (20/1). 

 

"Bisa diberikan bantuan obat-obatan, cek kesehatan sehingga pelayanan lebih mudah dan intinya untuk masyarakat agar terlayani semuanya," tambahnya. 

 

Sejauh ini, Heru menegaskan pemerintah hingga tim di lapangan menginginkan yang terbaik bagi pengungsi dan masyarakat. 

 

"Tentunya wilayah dan tim penanggulangan pasti memberi yang terbaik untuk masyarakat," ujarnya.  

 

Sebelumnya, ramai cuplikan video di media sosial ang menggambarkan penolakan para pengungsi bencana Gempa Mamuju ketika harus dipindahkan ke dalam stadion. Sebab, mengungsi di dalam stadion sangat tidak aman.  

 

Mereka dipaksa pindah karena Jokowi akan mengunjungi lokasi pengungsian mereka saat ini. Sementara, jika harus pindah ke tempat lain, mereka masih ketakutan.