Image description
Image captions

Presdien Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan menghadiri acara peresmian Masjid At-Taufiq di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Masjid tersebut diketahui merupakan buah pikiran Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Muncul pemikiran Ketua Umum Ibu Megawati untuk menyediakan sarana ibadah bagi kader-kadernya yang beragama Islam untuk menunaikan salat lima waktunya, terutama apabila mereka harus mengikuti salat Jumat berjamaah," kata Ketua Panitia Pembangunan Masjid At-Taufiq, Ahmad Basarah dalam keterangannya, Rabu (8/6/2022).

Kemudian, buah pemikiran Megawati itu lanjutkan oleh putrinya Puan Maharani. Ketua DPR RI itu berharap Masjid At-Taufiq dapat menjadi sarana ibadah para kader PDIP dan masyarakat di sekitar kantor DPP PDIP.

"Mbak Puan lah yang kemudian mengambil inisiatif dan prakarsa untuk membangun Masjid At-Taufiq ini, yang kemudian masjid ini didedikasikan, diperuntukkan, bukan hanya sebagai saran ibadah bagi kader PDI Perjuangan atau pengurus Partai yang berada di Sekolah Partai ini, tetapi juga untuk sarana ibadah umat Islam di lingkungan kantor DPP PDIP ini," ucap Basarah.

Lebih lanjut, Basarah menerangkan nama Masjid Taufiq terinspirasi dari nama almarhum suami Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas. Pembangunan masjid tersebut juga bertujuan untuk mengenang jasa Taufiq Kiemas semasa hidupnya.

"Yang mana dengan demikian Masjid At-Taufiq yang berasal dari kata Taufiq Kiemas itu juga dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan almarhum Bapak H Muhammad Taufiq Kiemas semasa hidupnya," ungkap Basarah.

"Dan sekaligus masjid ini diniatkan untuk mendoakan almarhum Bapak H Muhammad Taufiq Kiemas agar segala amal perbuatannya semasa hidup diterima oleh Allah SWT," sambungnya.

Sebelumnya, Jokowi bertemu secara empat mata dengan Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Dewan Pengarah, Megawati Soekarnoputri, di Istana Negara. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bakal hadir di acara peresmian Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung.

"Presiden menyampaikan akan hadir ke peresmian Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung besok," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Selasa (7/6).

Saat ditanya mengenai alasan diunggahnya video pertemuan Jokowi dan Megawati ke YouTube, Bey menjelaskan video tersebut diunggah dalam rangka pelantikan BPIP.

"Video itu dalam rangka pelantikan BPIP," ujar Bey.

Seperti diketahui, pertemuan Jokowi dan Megawati itu terjadi sebelum pelantikan Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP, Selasa (7/6). Jokowi dan Megawati tampak berbincang di ruang tunggu Istana Negara.0 dtk