Image description
Image captions

TNI AL mengirimkan delegasinya yaitu Kapten Laut (P) Pradipta Her Ryandhika, dimana jabatan sehari-harinya sebagai Kadepops KRI Golok-688 untuk mengikuti Ship Rider Cooperation Program 2024 pada pelayaran dengan JS Izumo DDH-183 melalui etape Guam Amerika Serikat menuju Yokosuka Jepang, yang berlangsung dari mulai tanggal 18 sampai dengan 30 Juni 2024 lalu. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kebersamaan para perwira muda di kawasan ASEAN dan Kepulauan Pasifik, serta membahas tentang isu-isu keamanan maritim di negara kawasan.

Kegiatan yang diselenggarakan Japan Ministry of Defence (JMoD) tersebut mengundang 16 negara di kawasan ASEAN dan Kepulauan Pasifik yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Kiribati, Laos, Malaysia, Micronesia, Nauru, Palau, Papua Nugini, Samoa, Singapura, Timor Leste, Tuvalu, dan Vietnam.

Selama onboard, para peserta bergabung dengan crew kapal untuk melaksanakan berbagai latihan antara lain Duty Observation and Ship Handling, VBSS Drill, Damage Control Exercise, Humanitarian Aid & Disaster Relief, Woman Peace & Security, dan Cultural Program.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL yang tengah menjalankan misi khusus agar memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan serta menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL agar tetap harum di mata dunia.